PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU

Suhaemi Suhaemi, I Komang Werdhiana, H . Amiruddin Hatibe

Abstract


Abastrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe group investigationdengan pendekatan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI SMA Negeri 5Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupates hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes awal adalah 7,23 dan untuk tes akhir adalah 15,57. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes awal5,9 dan untuk tes akhir adalah 12,6. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,55 dan ttabel = 1,67. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe group investigationdengan pendekatan pemecahan masalah dapat mempengaruhi hasil belajar fisika.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe group investigation, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats