PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN GENERIK SAINS PADA SISWA SMP NEGERI 1 DOLO

Nurun Fatonah, Muslimin Muslimin, Haeruddin Haeruddin

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemahiran generik sains pada siswa SMP Negeri 1 Dolo dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata kemahiran generik sains antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional model direct instruction. Kemahiran generik sains penting untuk dikembangkan karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kompleks (berpikir tingkat tinggi). Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the non-equivalent pretest-posttes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolo. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen tes kemahiran generik sains berupa tes esai yang telah divalidasi oleh validator. Hasil peningkatan rata-rata N-gain kemahiran generik sains yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek adalah 48,43% yang berkategori sedang dan peningkatan rata-rata kemahiran generik sains yang mengikuti pembelajaran konvensional model direct instruction adalah 30,11% yang berkategori sedang. Hasil perhitungan statistik dari uji perbedaan rata - rata menggunakan uji-t didapatkan harga thitung > ttabel dengan nilai thitung 4,72 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 30 adalah 1,70. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata–rata kemahiran generik sains antara siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran konvensional model direct instruction.

Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis proyek, kemahiran generik sains.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats