Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Strategi Konflik Kognitif terhadap Perubahan Konsep tentang Gerak pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Palu
Abstract
Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif terhadap perubahan konsep tentang gerak pada siswa Kelas X MAN 2 Model Palu. Penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-postest design. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa dari Kelas X MIA 4 yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan wawancara. Wawancara dilakukan untuk menganalisis perubahan konsep. Data penelitian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif-kualitatif. Pengujian hipotesis menggunakan statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi konflik kognitif terhadap perubahan konsep tentang gerak.
Kata Kunci: startegi, konflik kognitif, dan perubahan konsep
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats