Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Palu

Nina Musdalifah

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual berbasis REACT. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas XC SMAN 8 Palu, dilakukan dalam dua siklus dengan materi pokok gerak lurus. Penerapan pendekatan kontekstual berbasis REACT dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II meningkat dari kategori cukup baik ke kategori  baik. Kemudian peningkatan fase REACT pada siklus I dan siklus II meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik. Berdasarkan hasil tes  pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 72,00% dan daya serap klasikal sebesar 70.13%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 80.00% dan daya serap klasikal sebesar 77.07%. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada siklus II telah memenuhi standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu di atas 70%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual berbasis REACT dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas Xc SMA Negeri 8 Palu

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats