PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TIPE 7E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU

Resky Nurmalasari, Amiruddin Kade, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya  perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelompok siswa yang mengikuti model learning cycle tipe 7E dengan  kelompok siswa yang mengikuti model direct instruction. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu yang terdiri dari 19 orang siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model learning cycle tipe 7E dan 19 orang siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan model direct instruction. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dan desain yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest group design. Instrumen pemahaman konsep fisika berupa tes berbentuk pilihan ganda beralasan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata pemahaman fisika siswa yang mengikuti model learning cycle tipe 7E dan direct instruction masing-masing sebesar 57,50 dan 49,08. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Statical Product and Service Solution) yang berdasarkan uji Fisher (Uji F). Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi (α = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelompok siswa yang mengikuti  model learning cycle tipe 7E dan kelompok siswa yang mengikuti model direct instruction (F=4,595 ; sig=0,039; sig0,05).

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats