Penerapan Model Pembelajaran Eksplicit Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lore Tengah

Ikhnan Hojin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika. Alternatif pemecahan masalah adalah menerapkan model pembelajaran Eksplicit Intruction. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Lore Tengah, dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi pokok Tekanan, masing-masing siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi (iv) refleksi. Penerapan model pembelajaran Eksplicit Intruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Lore Tengah. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,91% dan daya serap klasikal sebesar 67,69%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,31% dan daya serap klasikal sebesar 82,70% yang artinya sudah melebihi standar ketuntasan belajar siswa. Peningkatan ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 20,02% dan 22,17% untuk hasil observasi aktifitas siswa dan guru pada siklus I yaitu cukup dan baik, sedangkan pada siklus II observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik dan sangat baik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats