ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN KIT IPA FISIKA DI SMP SE-KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA

Jamaluddin Jamaluddin, Amiruddin Kade, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Telah dilakukan analisis terhadap 10 guru yang mengajar mata pelajaran IPA fisika kelas VII, kelas VIII dan IX di 10 SMP Negeri di se-kecamatn Sojol. Responden tersebut dipilih dari sekolah yang memiliki laboratorium dan tidak memiliki laboraturium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum menggunakan KIT IPA fisika di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Sojol. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuisioner dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentasi pelaksanaan praktikum menggunakan KIT IPA Fisika sangat kurang. Berbagai hal yang menyebabkan rendahnya persentasi pelaksanaan praktikum ini yaitu :1) intensitas guru dalam mengikuti pelatihan laboratorium masih kurang, 2) ketersediaan alat dan bahan praktikum masih kurang, 3) materi pelajaran IPA cukup padat sehingga guru lebih memilih metode ceramah, 4) tujuan pembelajaran sulit dicapai melalui praktikum 5) dibutuhkan waktu khusus untuk persiapan sebelum praktikum dilaksanakan, 6) waktu pelaksanaan praktikum dalam jam tatap muka selalu tidak mencukupi,7) pemahaman guru terhadap konsep serta penggunaan alat-alat praktikum masih rendah, 8) guru sulit merancang LKS sendiri, 10) tidak adanya laboran dan laboratorium yang dapat membantu pelaksanaan praktikum IPA fisika.

Kata Kunci: Praktikum Fisika, Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kecamatan Sojol dan KIT IPA Fisika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats