Efektivitas Strategi Elaborasi PQ4R terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Sinjai
Abstract
Permasalahanyang dikaji pada penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan strategi elaborasi PQ4R, dan seberapa efektif strategi PQ4R terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test group design. Adapun sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 7Sinjai yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar fisika. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan hasil belajar fisika siswa sebelum penerapan strategi elaborasi PQ4R termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata 40,7% dan hasil belajar fisika siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi setelah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan rata-rata 84,05%. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t diperoleh thitung = 18,04, hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel yakni 18,04>2,07 sehingga Ho ditolak. Jadi penerapan strategi elaborasi PQ4R efektif terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa.
Kata Kunci: strategi elaborasi, PQ4R, hasil belajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats