Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai metode demonstrasi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di MTs N 1 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 1 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator ahli. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelompok eksperimen yaitu 8,3 dan kelompok kontrol yaitu 8,23 sedangkan rata-rata skor posttest kelompok eksperimen yaitu 14,9 dan kelompok kontrol yaitu 11,43. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh dan pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada siswa MTs N 1 Palu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats