Analisis Kebutuhan Materi Fisika Siswa Kelas Lintas Minat Fisika Jurusan IPS SMA/MA di Kota Palu

Amiruddin Kade, Marungkil Pasaribu, Supriyatman Supriyatman, Muslimin Muslimin, Fathul Khair, N. F. Az’zahra

Abstract


Hasil observasi menunjukkan bahwa beberapa sekolah SMA/MA di Kota Palu telah membuka kelas-kelas lintas minat untuk jurusan IPS. Kelas minat ini merupakan kelas bagi siswa yang dipersiapkan untuk masuk ke perguruan tinggi pada jurusan sainstek seperti geografi, kehutanan, geologi, dan lain-lain yang menerima calon mahasiswa dari semua jurusan (IPS dan IPA). Cara ini sangat bagus, sehingga calon mahasiswa tersebut bisa menyesuaikan dengan materi yang diperoleh setelah menjadi mahasiswa. Namun cara yang baik ini tidak didukung dengan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kelas lintas minat tersebut. Terutama mata pelajaran fisika. Mata pelajaran Fisika yang ditawarkan dua jam pelajaran (JP), masih menggunakan perangkat pembelajaran fisika untuk kelas IPA yang dijadwalkan tiga JP. Guru-guru pada kelas lintas minat juga belum mengetahui kedalaman materi yang harus diajarkan pada kelas lintas minat tersebut. Siswa kelas lintas minat juga belum terlalu paham mengapa mereka mempelajari fisika. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menganggap perlu dilakukan penelitian tentang: 1) materi-materi fisika yang dibutuhkan pada jurusan-jurusan lintas minat, terutama geografi. 2) Jenis dan kedalaman materi fisika yang diperlukan untuk membelajarkan siswa kelas lintas minat yang akan mengambil jurusan geografi

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats