Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Menggunakan Magnetometer pada Smartphone

Ade Yeti Nuryantini

Abstract


Untuk memahami konsep gerak harmonik sederhana (GHS) di sekolah menengah atas dapat dilakukan melalui percobaan getaran pegas menggunakan magnetometer pada smartphone. Percobaan memerlukan aplikasi magnetometer pada smartphone android, magnet kancing, pegas, plastisin yang akan digunakan sebagai beban, mistar, dan holder stand smartphone. Magnet dan beban digantungkan pada ujung pegas dan ditarik sejauh 2 cm, sehingga pegas bergetar. Eksperimen dilakukan untuk lima beban yang berbeda  (30-gram, 40-gram, 50-gram, 60-gram, dan 70-gram). Sensor magnetometer yang diletakkan di bawah pegas akan menghasilkan visual gerak harmonik pegas dengan menampilkan grafik medan magnet (B) terhadap waktu (t). Melalui grafik B vs t dapat dianalisis pengertian GHS, gaya pemulih, satu getaran penuh, perioda, frekuensi, amplitude, hubungan perioda dengan massa dan menentukan nilai konstanta pegas. Diharapkan pemanfaatan sensor pada smartphone menjadi alternatif metoda eksperimen bagi guru dalam menyampaikan konsep abstrak kepada siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats