Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Kontekstual dalam Pencapaian Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Palu

Ielda Paramita

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan rancangan pengembangan menggunakan model Kemp. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memperoleh informasi mengengai profil perangkat pembelajaran Fisika berbasis pendekatan Kontekstual yang valid, praktis, dan efektif, (2) untuk mendapatkan informasi mengenai tingkat pencapaian aktivitas dan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada materi listrik dinamis. Produk pengembangan ini diuji pada siswa kelas X-J di SMA Negeri 3 Palu tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKS, serta Instrumen Penilaian dinyatakan valid, memenuhi unsur kepraktisan, dan keefektifan. Keefektifan ditunjukan dengan keatifan siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi dinyatakan bahwa siswa dalam kategori aktif dengan hasil ketuntasan belajar Fisika secara klasikal adalah sebesar 82.85%.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats