Pengaruh Model Pembelajaran Science Reflective Journal Writing terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu

Arwiyah awiwi18@gmail.com, I Komang Werdhiana, Muslimin Muslimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran Science Reflective Journal Writing terhadap hasil belajar fisika siswa pada kelas  VIII SMP Negeri 9 Palu. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan The nonequivalent pretest-posttest group design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh model pembelajaran science reflective journal writing terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Pengujian Hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dengan taraf nyata  = 0,05 dan dk = 48, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran science reflective journal writing berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.

Kata kunci: Science Reflective Journal Writing, Hasil Belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats