Penerapan Model Experiental Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Palu

Viky Warsito

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Palu. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika. Untuk mengatasi masalah adalah dengan menerapkan model Experiental Learning. Siswa yang terlibat pada penelitian ini berjumlah 16 orang siswa. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk hasil belajar siswa terjadi peningkatan seiring dengan diterapkannya tindakan model Experiental Learning dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis tes hasil belajar siswa siklus I yaitu 65% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang siswa. Karena pada siklus I masih banyak jumlah siswa yang tidak tuntas dibandingkan jumlah siswa yang tuntas, maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil analisis tes hasil belajar siswa yaitu 82,08% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang. Presentase peningkatan hasil belajar siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Palu dari siklus I ke siklus II adalah 16,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Experiental Learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Palu.

 

Kata Kunci: Model Experiental Learning, Hasil Belajar Fisika



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats