Penyajian Fenomena Kontekstual Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Kalor Pada Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Marawola

Habibie Habibie, Unggul Wahyono, Haeruddin Haeruddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa SMA Negeri 1 Marawola dengan penyajian fenomena kontekstual berbantuan komputer dengan metode kooperatif di kelas XB yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, menggunakan video dalam pembelajaran yang memuat materi untuk siklus I yaitu suhu dan pemuaian, dan untuk siklus II yaitu kalor, perubahan wujud dan perpindahan kalor. Hasil penelitian didapatkan selisih kenaikan ketuntasan klasikal sebesar 25,00% dan selisih kenaikan daya serap klasikal 18,63%, aktivitas guru berada pada kategori baik ke sangat baik yaitu dengan selisih rata-rata persentase aktivitas guru 5,84% dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup ke sangat baik yaitu dengan selisih rata-rata persentase aktivitas siswa 13,89%. Berdasarkan indikator penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penyajian fenomena kontekstual berbantuan komputer pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas XB SMA Negeri 1 Marawola. Penyajian fenomena kontekstual dengan penggunaan video sesuai dengan siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan sedang. Untuk siswa yang  memiliki kemampuan rendah, penyajian fenomena dengan bantuan bimbingan dan pemberian  informasi mengenai pokok bahasan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats