Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Gaya

Moh. Fadli, Marungkil Pasaribu, Darsikin Darsikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa program studi pendidikan fisika pada konsep gaya dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 55 orang yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes pilihan ganda beralasan berjumlah 16 butir soal yang disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Data hasil tes kemudian di analisis untuk menentukan presentase miskonsepsi pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi mahasiswa program studi pendidikan fisika pada konsep gaya yang teridentifikasi yakni 1.Benda yang lebih berat akan jatuh lebih cepat dibanding benda yang lebih ringan, 2.Gaya aksi-reaksi bekerja pada benda yang sama, 3.Pada benda yang diam tidak ada gaya yang bekerja, 4.Gaya berat dan gaya normal selalu diangga sebagai pasangan gaya aksi-reaksi yang selalu bekerja pada semua sistem benda dan selalu berlawanan arah untuk semua posisi sistem.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats