https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Peer Instruction dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Siswa SMAN 2 Sigi | Sulviani | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Peer Instruction dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Siswa SMAN 2 Sigi

Ovel Sulviani, Muslimin Muslimin, Marungkil Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh peer instruction dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pokok bahasan Usaha dan energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian prates-pascates kelompok kontrol tanpa acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sigi, dengan sampel penelitian kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 18 orang, dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 18 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes ketrampilan berpikir kritis berbentuk essay. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor tes awal di kelas eksperimen yaitu 14,94 dan tes akhir siswa yaitu 26,60. Sedangkan rerata skor  awal siswa kelas kontrol yaitu 14,61 dan tes akhir siswa yaitu 14,78. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak (uji perbedaan rata-rata) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai hasil thitung = 4,33 dan ttabel= 1,68. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata, maka dapat dilihat bahwa perlakuan peer instruction dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dilakukan di kelas eksperimen lebih berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing yang diberikan di kelas kontrol hal ini di lihat juga pada perbandingan hasil nilai tes awal yang di peroleh siswa dimana hanya 2 orang siswa yang berada pada tingkat keterampilan berpikir kritis tinggi sedangkan 16 orang siswa berada pada tingkat keterampilan berpikir kritis rendah setelah di beri tes akhir nilai yang di peroleh seluruh siswa berada pada tingkat keterampilan berpikir kritis tinggi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats