Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe the Power of Two terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sigi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain the ekuivalen Prestest-postest design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk tes esai berjumlah 10 soal yang telah divalidasi melalui validitas ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen adalah 19.25 dengan standar deviasi 2.92, untuk rerata skor posttest adalah 31.33 dengan standar deviasi 3.76. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 18.95 dengan standar deviasi 2.32, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 25.14 dengan standar deviasi 3,58 Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 5.83 dan ttabel = 2.02. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho. Hasil ini menunjukkan ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 sigi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats