Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Animasi Flash terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Katolik Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media animasi flash terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Katolik Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Katolik Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitas kontruksi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 12,62 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 10,74 dari skor ideal yaitu 21. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh dan pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media animasi flash terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Katolik Palu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats