https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu | Basonggo | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu

Hikmah Basonggo, Darsikin Darsikin, Marungkil Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian equivalent pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai sebanyak 10 nomor dan perangkat pembelajaran yang telah divalidasi oleh validator ahli. Hasil analisa data diperoleh rerata skor pretest untuk kelas eksperimen yaitu 13,77 dan untuk kelas kontrol yaitu 13,41. Sedangkan rerata skor posttest untuk kelas eksperimen diperoleh 30,18 dan kelas kontrol diperoleh 25,18. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil akhir perhitungan diperoleh = 3,39 dan  = 1,68 atau nilai . Hal ini menunjukkan bahwa thitungberada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats