Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Yuliyanti Yuliyanti, Amiruddin Hatibe, I Wayan Darmadi

Abstract


Abstrak - Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X Mipa 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Mipa 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata- rata kelompok eksperimen 13,16 dengan standar deviasi 3,24 danskor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,33 dengan standar deviasi 3,08. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh  dan  pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa.

Kata Kunci: learning cycle 5E, peta konsep, hasil belajar, fisika

Full Text: PDF

DOI: 10.22487/j25805924.2018.v6.i4.11675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: