Analisis Konsistensi Ilmiah Siswa terhadap Konsep Gerak Lurus

Lia Setiyawati, Muslimin Muslimin, Syamsu Syamsu

Abstract


Abstrak – Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis konsistensi ilmiah siswa terhadap konsep gerak lurus. Konsistensi ilmiah merujuk pada kemampuan menjawab yang konsisten dan benar secara fisika maupun representasinya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI C di SMA AL Azhar Mandiri Palu yang terdiri dari 31 orang siswa yang turut serta dalam tes konsistensi ilmiah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 18 soal yang di bagi menjadi 6 konsep, satu konsep terdiri dari 3 bentuk representasi, seperti matematis, gambar dan grafik. Soal tersebut digunakan untuk memilih responden yang berjumlah 5 orang untuk diwawancarai. Pada tahap wawancara responden menjelaskan alasan yang berhubungan dengan jawaban yang dipilih. Data diperoleh melalui lembar jawaban siswa dan rekaman hasil wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian konsistensi ilmiah menunjukkan bahwa sebanyak 51,61% atau 16 orang berada pada kategori tidak konsisten, 45,16% atau 14 orang berada pada kategori konsisten dan 3,23% atau hanya 1 orang berada pada kategori sangat konsisten, sedangkan untuk konsistensi representasinya sebanyak 22,58% atau 7 orang berada pada kategori tidak konsisten, 58,06% atau 18 orang berada pada kategori konsisten dan 19,35% atau 6 orang berada pada kategori sangat konsisten, dari hasil inilah dapat disimpulkan bahwa siswa yang jawabannya konsisten pada soal representasi belum tentu konsisten secara ilmiah dan benar menurut konsepnya.

 

Kata Kunci: Konsistensi Ilmiah, Konsep, Gerak Lurus


Full Text: PDF

DOI: 10.22487/j25805924.2018.v6.i4.11660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: