Pengaruh Model Problem Posing Berbasis Aktivitas terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMP 1 Negeri Parigi Selatan

Rudi Darmawan, Amiruddin Hatibe, Yusuf Kendek

Abstract


Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem posing berbasis aktivitas terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Selatan. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh validator ahli dan telah diuji coba lapangan. Hasil analisa data dari rentang skor antara (0-20) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 13,87 dengan standar deviasi 2,91 dan kelas kontrol 11,50 dengan standar deviasi 2,88. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel=4,16>1,99, serta P-value kurang dari taraf signifikasi . Maka H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara kelas yang mengikuti model problem Posing dengan siswa yang mengikuti  model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Problem Posing, Hasil Belajar Fisika.


Full Text: PDF

DOI: 10.22487/j25805924.2018.v6.i4.11659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: