https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Desain Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu | Pabenteng | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Desain Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu

Angga Pabenteng, H. Fihrin, H. Muhammad Ali

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan desain kreatif terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi- eksperimen dengan rancangan equivalent pretest-posttest design. Penentuan sampel berdasarkan rekomendasi guru, terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 4 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal yang telah divalidasi oleh validator kemudian dilakukan validitas item dan diperoleh 25 soal. Hasil pengolahan data diperoleh rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 15,12 dan rerata skor kelas kontrol yang diperoleh sebesar 13,12. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui pengaruh rerata skor terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung= 2,57 lebih besar dari dari ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung barada diluar daerah penerimaan H0. Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan desain kreatif dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah.

 

Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah dengan desain kreatif, hasil belajar fisika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats