Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Materi Fluida Statis di SMA Negeri 6 Palu

Rizky Mardiansa, Yusuf Kendek, Unggul Wahyono

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida statis di X SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi- eksperimen dengan rancangan equivalent pretest-posttest design. Penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dan berdasarkan rekomendasi guru kemudian terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 24 soal yang telah divalidasi oleh ahli kemudian dilakukan validitas item dan diperoleh 20 soal. Hasil pengolahan data diperoleh rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 73,80 dan rerata skor kelas kontrol yang diperoleh sebesar 60. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui pengaruh rerata skor terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung= 4,33 lebih besar dari dari ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung barada diluar daerah penerimaan H0.

 

Kata Kunci: Model problem based learning, Hasil Belajar Fisika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats