https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving terhadap Problem Solving dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 3 Palu | Saputra | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving terhadap Problem Solving dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 3 Palu

Oka Saputra, I Komang Werdhiana, Darsikin Darsikin

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan conceptual problem solving terhadap problem solving dan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 3 Palu. Desain penelitian adalah eksperimen kuasi dengan Pretest-posstest Equivalent Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen digunakan berupa uraian tes. Analisis data menggunakan Uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS 20,0 pada taraf signifikansi 0,05 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji statistik problem solving diperoleh Sig. = 0,000 dan pemahaman konsep Sig. = 0,000 dengan kriteria terima Ho jika Sig. > 0,05 dan tolak H0 jika Sig. < 0,05. Nilai Sig.< 0,05 sehingga H1 diterima dan Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh pendekatan conceptual problem solving terhadap problem solving dan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 3 Palu.

 

Kata Kunci: conceptual problem solving, problem solving, pemahaman konsep

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats