Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu

Nurhaisah Kadir, Marungkil Pasaribu, Syamsu Syamsu

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery berbasis mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Non Equivalen Pretest-Posttest Group Design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi melaui validitas ahli dan teknik analisa data. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 9,63 dengan standar deviasi sebesar 2,82. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir 7,32 dengan standar deviasi sebesar 2,36. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,96 dan ttabel = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Hasil ini memberi peluang untuk menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery berbasis mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu.

Kata Kunci: Discovery,Mind Mapping, Hasil Belajar Fisika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats