Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD Pada mata kuliah Desain Media Pembelajaran

Putri Rachmawati, Amram Rede, Mohammad Jamhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2013 FKIP UNTAD pada mata kuliah desain media pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2013 FKIP UNTAD yang berjumlah 113 orang mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan atas dasar pertimbangan tertentu. Adapun hal yang menjadi pertimbangan dalam penentuan sampel yaitu kelompok mahasiswa yang memiliki gadget dan kelompok mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah desain media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka jumlah sampel yang digunakan adalah 79 orang mahasiswa yang tersebar di kelas A, B dan C. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan diolah menggunakan uji wilcoxon. Dari hasil uji wilcoxon didapatkan nilai probabilitas (sig) = 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya penggunaan gadget berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2013 FKIP UNTAD.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  • View My Stats W3Schools