Penerapan Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di Kelas VIII SMP Satap Toribulu

Norma Duri, Amran Rede, Dewi Tureni

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Satap Toribulu pada bulan Januari tahun 2016.Tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA biologi dengan menerapkan metode pemberian tugas di kelas VIII SMP Satap Toribulu. Penelitian dilaksanakan secara bersiklus sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari  4 (empat) tahap : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan jenis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kualitatif melalui data observasi siswa pada siklus I mendapatkan nilai 88,22%, pada siklus II hasil observasi siswa mendapatkan nilai 91,11%. Pada hasil observasi guru siklus I mendapatkan nilai 188,88%, sedangkan pada siklus II hasil observasi guru mendapatkan nilai 222,22%. Sedangkan data kuantitatif  yaitu  hasil evaluasi siswa 81,81%  pada siklus I, dan 100% pada siklus 2. Tidak ada siswa yang tidak tuntas dari 22 siswa.Hal ini menunjukan bahwa materi yang diajarkan dapat dipahami oleh siswa.kesimpulannya adalah bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sistem gerak pada tumbuhan.

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar  Siswa, Metode Pemberian Tugas.

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  • View My Stats W3Schools