https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Peranan Metode Pemberian Tugas Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak di Kelompok B2 TK Al-Khairaat Tatura Palu | Silfana | Bungamputi

Peranan Metode Pemberian Tugas Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak di Kelompok B2 TK Al-Khairaat Tatura Palu

Silfana Silfana

Abstract


Masalah dalam tulisan ini adalah kemandirian anak yang masih rendah.Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan metode pemberian tugas terhadap peningkatan kemandirian anak.Metode penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenisnya deskriptif.Subyeknya seluruh anak di Kelompok B2 TK Al-Khairaat Tatura Palu yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan pemberian tugas, selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase.Hasil penelitian minggu pertama bertanggung jawab kategori sangat tinggi 0%,tinggi 5%,sedang 20%,rendah 75%.Keterampilan bantu diri sangat tinggi 5%,tinggi 10%,sedang 20%,rendah 65%,Kemandirian intelektual sangat tingg10%,tinggi 15%,sedang 20%,rendah 55%. Selanjutnya minggu keenam mengalami perkembangan yang signifikan,Bertanggung jawab kategori sangat tinggi 40%,tinggi 25%,sedang 10%,rendah 25%,Keterampilan bantu diri sangat tinggi 40%,tinggi 35%,sedang 10%,rendah 15%,Kemandiriaan intelektual sangat tinggi 40%,tinggi 30%,sedang 15%, rendah 15%. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode pemberian tugas terhadap peningkatan kemandirian anak terbukti adanya peningkatan dari minggu pertama sampai minggu keenam dalam semua aspek rata- rata kategorisangat tinggi 40%, tinggi 30%, sedang 12% walaupun masih ada masih yang belum berkembang yaitu pada kategori rendah 18 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.