Peranan Metode Demonstrasi terhadap Penerapan Nilai-nilai Agama di Kelompok B TK Melati Buranga Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong

Sakinah Astuti

Abstract


Masalah dalam tulisan ini adalah penerapan nilai-nilai agama belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan metode demonstrasi terhadap penerapan nilai-nilai agama. Metode penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenisnya deskriptif, subyeknya seluruh anak kelompok B TK Melati Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan teknik presentase. Hasil penelitian minggu pertama kemampuan praktek berwudhu kategori BSB 10%, BSH 10%, MB 15%, BB 65%, kemampuan praktek sholat kategori BSB 10%, BSH 10%, MB 15%, BB 65%, dan kemampuan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan kategori BSB 5%, BSH 10%, MB 85%. Selanjutnya penelitian minggu keenam mengalami perkembangan yang signifikan, kemampuan praktek berwudhu kategori BSB 30%, BSH 35%, MB 25%, BB 10%, kemampuan praktek sholat kategori BSB 30%, BSH 40%, MB 20%, BB 10%, dan kemampuan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan kategori BSB 25%, BSH 50%, MB 25%. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode demonstrasi terhadap penerapan nilai-nilai agama terbukti adanya peningkatan dari minggu pertama hingga minggu keenam dalam semua aspek rata-rata kategori BSB (28,33%), BSH(41,67%), MB (23,33%),walaupun masih ada yang belum meningkat yaitu pada kategori BB (6,67%).

                                                                                                           

Kata Kunci : Metode Demonstrasi,Nilai-Nilai Agama


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.