Pengaruh Percobaan Sains Sederhana terhadap Kreativitas Anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu

Ririn Tri Hidayana

Abstract


Permasalahan pada artikel ini adalah kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya untuk mengatasi dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh percobaan sains sederhana terhadap kreativitas anak. Jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelompok B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu tahun Ajaran 2015/2016. Subjek pada penelitian berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada perbedaan dari data sebelum dan setelah penelitian. Data sebelum penelitian kreativitas mewarnai pasir, diperoleh 9.52% kategori BSH, 33.33% kategori MB dan 57.14% kategori BB. kreativitas membuat kolase dari pasir warna, diperoleh 9.52% kategori BSH, 38.09% kategori MB, dan 52.38% kategori BB. Kreativitas dalam bertanya, diperoleh 4.76% kategori BSH, 33.33% dalam kategori MB, dan 61.90% kategori BB. Dan data setelah penelitian terjadi peningkatan yaitu kreativitas mewarnai pasir diperoleh 23.80% kategori BSB, 42.85% kategori BSH, 28.57% kategori MB dan 4.76% kategori BB. Kreativitas membuat kolase dari pasir warna diperoleh 23.80% kategori BSB, 42.85% kategori BSH, 23.80% kategori MB, dan 9.52% kategori BB. Dan kreativitas dalam bertanya diperoleh 19.04% kategori BSB, 52.38% kategori BSH, 19.04% kategori MB, dan 9.52% kategori BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh percobaan sains sederhana terhadap kreativitas anak.
Kata kunci : Percobaan Sains Sederhana, Kreativitas Anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.