Pengaruh Metode Karyawisata terhadap Kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B1 TK Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore

Artina Artina

Abstract


Masalah dalam tulisan ini adalah bagaimana tingkat kemampuan kognitif anak? Bagaimana penerapan metode karyawisata? Apakah ada pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak?. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengeruh metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak. Metode penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B1 TK Alkhairaat Tondo yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak, yaitu pada kemampuan menyebutkan benda berdasarkan ukuran, kemampuan menyebutkan benda ciptaan Tuhan, kemampuan menyebutkan benda ciptaan manusia. Adapun data sebelum perlakuan (2,6%) kategori BSB, (12%) kategori BSH, (32%) kategori MB, (53%) kategori BB. Dan data setelah perlakuan (24%) kategori BSH, (48%) kategori BSB, (25%) kategori MB, dan (2,6%) kategori BB. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak.
Kata Kunci: Metode Karyawisata, Kemampuan Kognitif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.