Hubungan Media Gambar dengan Motivasi Belajar Anak di Kelompok B TK Nurul Yaqiin Talise Kecamatan Mantikulore

Masyita - -

Abstract


Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan media gambar ?Bagaimana motivasi belajar anak?dan apakah ada hubungan media gambar dengan motivasi belajar anak ? Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Nurul Yaqiin Talise Kecamatan Mantikulore berjumlah 15 anak.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pertama motivasi belajar anak dalam aspek antusias mengikuti materi pembelajaran terdapat 6 anak (40%) dalam kategoru ST, ada 8 anak (53,33%) dalam kategori T, ada 1 anak (6,67%) dalam kategori S, dan tidak terdapat dalam kategori R. Sedangkan motivasi belajar anak dalam aspek menonjolkan kemampuan diri dikelas terdapat 6 anak (40%) dalam kategori ST, ada 8 anak (53,33%) dalam kategori T, ada 1 anak (6,67%) dalam kategori S dan tidak terdapat dalam kategori R.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar anak dapat meningkat melalui media gambar.
Kata Kunci: Media Gambar , Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.