Upaya Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelompok B TK Alkhairaat Pakuli
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di TK Alkhairaat Pakuli, melibatkan 20 orang anak terdiri atas 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan sebelum tindakan terhadap aspek peningkatan kedisiplinan anak yaitu merapikan perlengkapan belajar BSB 10%, BSH 25%, MB 30%, dan BB 35%, kemudian kegiatan membaca doa BSB 25%, BSH 25%, MB 30%, BB 20%, dan kegiatan mengerjakan tugas dengan kategori BSB 10%, BSH 30%, MB 20%, BB 40%. Terjadi peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II pada kegiatan merapikan perlengkapan belajar kategori berkembang sangat baik dari 55% menjadi 80% (35%), kegiatan membaca doa dengan kategori berkembang sangat baik dari 60% menjadi 85% (25%), kegiatan mengerjakan tugas dengan kategori berkembang sangat baik dari 60% menjadi 80% (20%). Secara umum terjadi peningkatan rata-rata 26,66% dari siklus satu ke siklus dua, walaupun masih ada anak yang belum meningkat kedisiplinannya tetapi hanya berkisar 6,67% dari masing-masing aspek yang diamati dengan kategori belum berkembang.
Kata Kunci : Disiplin, Metode Pemberian Tugas
Full Text:
Subscribers OnlyRefbacks
- There are currently no refbacks.