Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B Tk Alhidayah Talise Palu Utara

Sri Handayani

Abstract


ABSTRAK

 

Permasalahan utama pada penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Alhidayah Talese. Penelitian dilaksanakan  di TK Alhidayah Talise Palu Utara, melibatkan 15 orang anak terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Penelitian  ini  menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri  atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat  tahap  yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui teknik obsevasi, dan pemberian tugas kemudian dianalisis secara deskriptif dari data kualitatif dan kuantitatif.

Data yang dikumpulkan sebelum tindakan pengamatan motorik halus anak dalam membuat macam-macam bentuk dari kertas kategori SB 6,66%, B 13,33%, C 26,66%, dan K 53,33%, kemudian motorik halus anak membuat macam-macam bentuk dari plastisin dengan kategori SB  0%, B 13,33%, C 20%, K 66,66%, dan pengamatan menyusun balok menjadi suatu bangunan dengan kategori SB 6,66%, B 6,66%, C 13,33%, K 73,33%. Setelah dilakukan tindakan maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui alat permainan edukuatif dapat meningkatkan motorik halus anak, terbukti ada peningkatan motorik halus anak dari siklus I ke siklus II  yang diamati dalam membuat macam-macam bentuk dari kertas kategori sangat baik dan baik dari 53,33% menjadi 79,99% (26,66%), peningkatan motorik halus anak dalam membuat macam-macam bentuk dari plastisin kategori sangat baik dan baik dari 46,66% menjadi 80% (33,34%), kemudian yang terakhir pengamatan anak dalam menyusun balok mejadi suatu bangunan kategori sangat baik dan baik dari 53,33% menjadi 86,66% (33,33%). Secara umum terjadi peningkatan dari semua kemampuan yang diukur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan alat permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Alhidayah Talise Palu Utara.

 

Kata Kunci :  Peningkatan Motorik Halus Anak, Alat Permainan Edukatif


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.