Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Di Kelompok A TK Pertiwi Donggala

Nirda Pettalolo

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal warna yang kurang maksimal? Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan perbaikan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal warna dengan menggunakan alat permainan edukatif. Rancangan penelitian mengacu pada alur PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara bersiklus. Subyek penelitian ini yaitu anak kelompok A yang berjumlah 15 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal warna terbukti terjadi peningkatan  dari siklus I ke siklus II dari 31,33% menjadi 73,33%, walaupun masih terdapat anak yang belum meningkat kemampuannya dalam mengenal warna hanya 6,67% saja.

Kata Kunci: Mengenal Warna, Alat Permainan Edukatif


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.