https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK TOFENDAYA KECAMATAN TOJO KABUPATEN TOJO UNA-UNA | Amrullah | Bungamputi

PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK TOFENDAYA KECAMATAN TOJO KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Amrullah Amrullah, Rostifa Rostifa

Abstract


Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak di TK Tofendaya Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una belum berkembang sesuai Harapan. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 15 anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan, yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan kognitif anak sudah berkembang sesuai harapan dalam masing-masing aspek yang diamati yaitu menyusun potongan gambar menjadi bentuk utuh, mencocokan bentuk geometri sesuai tempatnya, dan mengurutkan kepingan puzzle angka 1-10, Berdasarkan hasil rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan, terdapat 4,44% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 11,11% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 60% dalam kategori Mulai Berkembang (MB) dan 24,44% berada dalam kategori Belum Berkembang (BB). Dan setelah dilakukan perlakuan berupa Permainan Puzzle, 28,89% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), terdapat 44,44% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 26,67%, kategori Mulai Berkembang (MB) dan tidak terdapat (tidak ada) atau 0% dalam kategori Belum Berkembang (BB). Demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif anak di TK Tofendaya Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una”.

Kata Kunci: Permainan Puzzle, Kemampuan Kognitif Anak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.