PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER TOLERANSI DI KELOMPOK B TK KARUNA DIPA KOTA PALU
Abstract
Artikel ini mengkaji masalah pengaruh metode Bercerita terhadap penanaman nilai-nilai karakter toleransi anak yang belum berkembang sesuai harapan di kelompok B TK Karuna Dipa Kota Palu. Masalah tersebut sudah di ambil peneliti untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap penanaman nilai-nilai karakter toleransi anak. Metode yang digunakan adalah kuantitatif subjeknya terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutya di analisis dengan teknik presentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan obesrvasi. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan rekapitulasinya rata-rata 31% Kategori berkembang sesuai harapan (BSB), 5% Kategori (BSH), 15% dan 20% kategori belum brkembang (MB) dan dalam kategori (BB) 60%. Hasil Peneltian sesudah diberikan perlakuan rekapitulasinya rata-rata 50% Kategori berkembang sesuai harapan (BSB), 52% Kategori (BSH), 38% dan 9% kategori mulai brkembang (MB) dan dalam kategori (BB) 0%.
Kata Kunci : Metode Bercerita, Nilai-Nilai Karakter Toleransi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.