https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PERANAN STORYTELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELOMPOK B2 TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU | Setianingsih | Bungamputi

PERANAN STORYTELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELOMPOK B2 TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU

Hesti Putri Setianingsih, Ni Nyoman R. Margareta

Abstract


Masalah yang dikaji dalam artikel ini perkembangan bahasa seperti anak bisa menceritakan kembali cerita, anak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, dan  kemampuan bertanya. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui peranan metode storytelling terhadap keterampilan berbahasa anak di kelompok B2 TK Negeri Model Terpadu Madani Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak dikelompok B2 TK Negeri Model Terpadu Madani berjumlah 11 anak, terdiri dari 5 anak perempuan dan 6 anak laki-laki, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum perlakuan aspek menceritakan kembali cerita BSH 18%, MB 27%, BB 54%. menjawab pertanyaan BSH 27%, MB 18%, BB 54%. Kemampuan bertanya BSH 45%, MB 18% BB 36%. Sesudah melaksanakan Metode Storytelling kemampuan aspek menceritakan kembali cerita BSB 18%, BSH 27%, MB 36%, BB 18%. Menjawab pertanyaan BSB 18%, BSH 36%, MB 27%, BB 18%. Kemampuan bertanya BSB 36%, BSH 36%, MB 18%, BB 9%. Rata-rata ketiga aspek yang diamati sebelum perlakuan kategori BSB, BSH dan MB 88%. Sesudah perlakuan kategori BSB, BSH, dan MB 99%. Dapat disimpulkan ada peranan metode storytelling terhadap perkembangan bahasa anak usia dini terbukti ada peningkatan 11% kategori BSB, BSH dan MB dari semua apek yang diamati.

 

Kata Kunci: Storytelling, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.