MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA MELALUI METODE BERCERITA BERBASIS MEDIAAUDIO VISUAL DI KELOMPOK B PAUD TERPADU SULAWESI PERMATA BANGSA TONDO KOTA PALU

Nurhayati Nurhayati, Amrullah Amrullah, Nursia Larango

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah dalam pemelitian ini adalah nilai-nilai moral agama belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar agar dapat meningkatkan nilai-nilai moral agama melalui metode bercerita berbasis media audio-visual. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian anak kelompok B di PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo yag berjumlah 16 anak, terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitia ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumntasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik persentase. Data pra tindakan meniru gerakan shalat 6,25% kategori BSB, 6,25% kategori BSH, 37,5% kategori MB, dan 50% kategori BB. Data bersikap patuh 6,25% kategori BSB, 6,25% kategori BSH, 31,25% kategori MB, dan 56,25% kategori BB. Data berperilaku baik 6,25% kategori BSB, 12,5% kategori BSH, 31,25% kategori MB, dan 50% kategori BB. Setelah dilakukan tindakan terbukti adanya peningkatan nilai-nilai moral agama anak dari siklus I ke siklus II. Aspek meniru gerakan sholat kategori BSB, BSH, dan MB dari 75% meningkat menjadi 81,5%. Aspek bersikap patuh kategori BSB, BSH, dan MB dari 81,5% meningkat menjadi 100%. Aspek berperilaku baik dari 81,25% meningkat menjadi 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berbasis media audio-visual dapat meningkatkan nilai-nilai moral agama di PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Kota Palu.

 

Kata Kunci; Nilai-nilai Moral Agama, Metode Bercerita, Media Audio-Visual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.