MENINGKATKAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PUDJANANTI INDONESIA KALUKUBULA
Abstract
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan anak melakukan gerakan berwudhu, shalat dan membaca doa di kelompok B Taman Kanak-kanak Pudjananti Indonesia Kalukubula. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan nilai-nilai agama anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Pudjananti Indonesia Kalukubula. Metode penelitian adalah kualitatif karena peneliti memaparkan data sesuai dengan apa yang terjadi pada saat penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Alur pelaksanaan dimulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksiSubjek penelitian anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pudjananti Indonesia Kalukubula yang berjumlah 16 anak, terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan demonstrasi berwudhu kategori BSB, BSH dan MB dari 43,75% meningkat menjadi 81,25%. Demonstrasi gerakan shalat kategori BSB, BSH dan MB dari 31,25% meningkat menjadi 75%. Demonstrasi sikap berdoa kategori BSB, BSH dan MB dari 43,75% meningkat menjadi 81,25%. Rata-rata peningkatan kategori BSB, BSH dan MB sebesar 39,59%, namun masih terdapat 20,83% kategori belum berkembang. Dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai-nilai agama di kelompok B Taman Kanak-kanak Pudjananti Indonesia Kalukubula.
Kata Kunci: Nilai-nilai Agama; Metode Demonstrasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.