DEVELOPING WRITING SKILL OF GRADE VIII STUDENTS AT MTs ALKHAIRAT MAMBORO THROUGH PICTURE SERIES

Sarni Sarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa melalui gambar berseri. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MTs Alkhairaat Mamboro. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas Delapan, terdiri dari 11 siswa dan 9 siswi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Peneliti dan kolaboratornya mengumpulkan data melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan butir soal menulis. Data dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang didapatkan dari tes diabalisa secara kuantitatif sedangkan data dari lembar observasi dan catatan lapangan tidak dianalisa secara kuantitatif. Kriteria kesuksesan adalah siswa harus meraih nilai individu 65 dan harus dicapai oleh lebih dari 75% siswa dari total jumlah siswa dikelas. Hasil dari analisis data menunjukkan terdapat 5 siswa (25%) yang meraih criteria kesuksesan dipertemuan pertama dan 6 siswa (30%) dipertemuan kedua (siklus 1). Sedangkan disiklus 2, terdapat 14 siswa (70%) yang mencapai criteria kesuksesan dipertemuan pertama dan 17 siswa (85%) dipertemuan kedua. Hasil dari siklus dua menunjukkan keberhasilan siswa mencapai criteria kesuksesan. Hal ini mengindikasikan teknik gambar berseri mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.