ENABLING KINDEGARTEN CHILDREN OF RAUDATUL ATFAL AL-IKHLAS DUYU TO MEMORIZE ENGLISH WORDS THROUGH DRAWING AND COLORING

Ma’rifah Nurmala

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan metode menggambar dan mewarnai pada kemampuan  anak-anak RaudatulAtfal Al-Ikhlas Duyu dalam menghafal kata-kata bahas aInggris. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen, non ekuivalen control grup dan uji-t dalam pengujian statistiknya. Sampel group yang diuji  adalah  grup eksperimen yang diberikan perlakuan metode  menggambar  dan  mewarnai  dan  grup control diajarkan dengan  cara biasa  dalam  pembelajarannya.  Intstrumen data yang  dipakai adalah test dan  observasi. Tes digunakan sebagai acuan dasar pengujian, sedangkan lembar observasi hanya sebagai data penunjang hasil dari  test. Data dianalisis  menggunakan  uji-t SPSS dan metode  deskripsi.  Data yang didapatkan  diolah  dan  dianalisa  menggunakan SPSS 16.0, sedangkan  observasi  ceklis dijelaskan secara deskripsi. Berdasarkan analisis data, perbandingan hasil  pengujian  hipotesis post-test eksperimen  grup dan control grup  memperlihatkan  bahwa  nilai rata-rata dari grup eksperimen adalah 73.23 lebih besar dari pada nilai rata-rata dari group control yaitu 47.61. Hal ini  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  hasil  tes  antara   group yang diberikan   perlakuan. Dari hasil  perhitungan di dapatkan t-hitung 16.383 dengan level signifikan yang lebih  besar  dari t-table 1.714, ini  berarti  bahwa   nul hypothesis (Ho) ditolak  dan   hipothesis alternative (Ha) diterima.  Dengan kata lain bahwa  kemampuan  anak di kelas   eksperimen  dalam   menghafal   kata-kata bahasa  Inggri   lebih  baik  dari  kelas yang hanya diajarkan  carak  onvensional.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.