DEVELOPING WRITING SKILL OF EFL LEARNERS AT THE ACCOUNTING DEPARTMENT STIE PANCA BHAKTI PALU THROUGH PROCESS-BASED WRITING

Ana Kuliahana

Abstract


Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Peneliti dan kolaborator bekerja sama dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan observasi dan refleksi selama penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa EFL Jurusan Akuntansi (AK1) di semester I tahun akademik 2015/2016. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa. Peneliti adalah dosen bahasa Inggris yang mengajar bahasa Inggris di kelas AK1 ini. Dia memilih kelas ini sebagai subjek penelitian karena mahasiswa di kelas ini merasa sulit untuk mengembangkan ide-ide ke dalam paragraf deskriptif. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pertemuan pertama difokuskan pada pra-menulis dan penyusunan, pertemuan kedua difokuskan pada merevisi, dan pertemuan ketiga adalah editing dan penerbitan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan catatan lapangan, skema dan kinerja menulis mahasiswa selama pelaksanaan tindakan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menulis berbasis proses efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dalam paragraf deskriptif. Efek dari strategi ini didukung oleh persentase klasik mahasiswa dari 13 mahasiswa (52%) yang mendapat nilai sama dengan atau lebih besar dari 70 pada siklus 1 menjadi 21 mahasiswa (84%) yang mendapat nilai sama dengan atau lebih besar dari 70 dalam siklus 2. Selain itu, proses berbasis proses sebagai strategi pengajaran dalam keterampilan menulis mengajar efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.