https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
APPLYING AUTONOMOUS LEARNING TO DEVELOP STUDENTS’ WRITING SKILL | Marzuki | BAHASANTODEA

APPLYING AUTONOMOUS LEARNING TO DEVELOP STUDENTS’ WRITING SKILL

Marzuki Marzuki

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa khususnya dalam mengorganisasi ide dengan menerapkan belajar mandiri. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tahun ke-dua Jurusan Bahasa Inggris Universita Madako yang terdiri dari 23 mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari, perencanaan, penerapan, observasi, dan refleksi. Kriteria keberhasilan adalah ≥80% jumlah mahasiswa harus mencapai ≥65. Siklus pertama menunjukkan bahwa kurang dari 80% mahasiswa yang mencapai kriteria; oleh karena itu perbaikan perencanaan untuk siklus ke 2 dilakukan. Hasil siklus ke 2 menunjukkan bahwa lebih dari 80% mahasiswa memperoleh skor ≥65 dan oleh sebab itu siklus di hentikan karena kriteria ketuntasan telah dicapai dan itu berarti bahwa penerapan beljar mandiri effektif untuk mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa.

Kata kunci: Penerapan, Belajar Mandiri, dan Keterampilan Menulis

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar