https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
EFFECT OF USING THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUE ON SPEAKING SKILL AND MOTIVATION TO LEARN ENGLISH OF GRADE XI STUDENTS AT SMA NEGERI 5 PALU | Maghfira | BAHASANTODEA

EFFECT OF USING THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUE ON SPEAKING SKILL AND MOTIVATION TO LEARN ENGLISH OF GRADE XI STUDENTS AT SMA NEGERI 5 PALU

Maghfira Maghfira

Abstract


Penelitian in bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan teknik Berfikir-Berpasangan-Berbagi terhadap keterampilan berbicara dan motivasi belajar bahasa Inggris kelas XI siswa SMA Negeri 5 Palu. Metodenya adalah penelitian quasy experimental dengan rancangan non-equivalent kontrol grup desain. Sample penelitian dipilih secara purposive, di mana peneliti secara sengaja memilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan siswa berbicara dan kuisioner untuk mengukur motivasi siswa. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif dan statistik uji-t. Data yang diperoleh melalui tes dianalisis dan diuji statistik melalui SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 15.0. Berdasarkan analisis data dari kemampuan siswa berbicara dan motivasi siswa. Ditemukan bahwa nilai rata-rata dari keterampilan berbicara kelas eksperimen (73.50) lebih besar dari kelas kontrol (68). Hasil perbandingan melalui uji-t menunjukkan nilai thitung = 3.355 > nilai ttable = 2.002. Selanjutnya, untuk motivasi siswa, nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 42 dan kelas kontrol adalah 39.37. Hasil perbandingan motivasi siswa melalui uji-t menunjukkan nilai thitung = 2.362 > nilai ttable = 2.002. Sehingga, Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain, penggunaan teknik berfikir-berpasangan-berbagi dapat mempengaruhi kemampuan siswa berbicara dan motivasi siswa.

Kata kunci: Pengaruh, Teknik Berpikir-Berpasangan-Berbagi, Berbicara, Keterampilan, Keterampilan Berbicara dan Motivasi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar