IMPLEMENTATION OF CLASSROOM GROUPING IN TEACHING OF WRITING SKILL TO GRADE XI STUDENTS OF MAN 2 MODEL PALU

Fatima Fatima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran yang jelas tentang implementasi pengelompokan kelas pada pengajaran keterampilan menulis. Lebih spesifik, penelitian ini untuk memaparkan implementasi kerja kelompok dan pengaruhnya terhadap pencapaian siswa dalam pengajaran keterampilan menulis di MAN 2 Model Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampelnya adalah 1 guru bahasa Inggris MAN 2 Model Palu dan 19 siswa kelas XI Religion 2. Datanya diperoleh dari kuisioner, wawancara, lembar pengamatan, dokumentasi, dan rekaman. Analisis data merupakan proses yang berkesinambungan untuk mengantisipasi adanya data yang berlebihan. Hasilnya menunjukkan bahwa guru menerapkan kerja kelompok dengan semestinya dan inovatif. Siswa mendapat nilai lebih tinggi ketika mereka menulis dalam kelompok daripada secara individu. Jadi, implementasi pengelompokan kelas dalam pengajaran keterampilan menulis memiliki pengaruh positif terhadap keberhasilan pencapaian nilai keterampilan menulis siswa.

Kata Kunci: Implementasi, Pengelompokan Kelas, Pengajaran, dan Keterampilan Menulis.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar