https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
TEACHING OF ENGLISH AS A GENERAL SUBJECT AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY LUWUK | Mangendre | BAHASANTODEA

TEACHING OF ENGLISH AS A GENERAL SUBJECT AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY LUWUK

Yuliana Mangendre

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  memberikan gambaran yang jelas tentang pengajaran bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Luwuk. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dimana  kusioner dan interview digunakan sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Kuesioner berjumlah 20 item dan wawancara berisi 10 pertanyaan. Instrument tersebut ditujukan kepada mahasiswa dan dosen. Peserta dalam penelitian ini berjumlah  44 orang, terbagi dalam 2 kategori; responden pada sesi kuesioner dan informan pada sesi interview. Reponden berjumlah 40 orang dari 3 program studi di Universitas Muhammadiyah Luwuk, terdiri dari 15 orang dari program studi Akuntansi, 15 orang dari program studi Kepemrintahan dan 10 orang dari program studi Pendidikan Agama Islam. Mahasiswa tersebut memprogramkan mata kuliah bahasa Inggris di semester genap tahun akademik 2014/2015.  Sementara  informan sesi wawancara terdiri dari 2 orang dosen, 1 orang dari program studi Akuntansi dan 1 orang dari Pendidikan Agama Islam. Data kemudian di analisis secara deskriptif dengan menggunakan perhitungan sederhana. Berdasarkan temuan hasil penelitian dari kusioner bahwa 95% responden memberikan respon yang sangat baik atau sangat setuju bahwa dosen menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, 72.5% responden memberikan respon yang baik atau setuju bahwa dosen menggunakan media, 55% reponden memberikan respon cukup ketika dosen dan mahasiswa tidak tepat waktu  dan 40% reponden memberikan respon rendah atau tidak baik  terhadap dosen yang jarang memberikan tugas. Sebagai kesimpulan, proses pengajaran bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Luwuk dapat mennghasilkan respon yang sangat baik sekali apabila dosen mampu mendesain materi yang berkenaan dengan program studi mahasiswa serta menggunakan strategi, metode atau pendekatan yang tepat.

Kata Kunci: Pengajaran dan Bahasa Inggris Bahasa Inggris MKU


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar