https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
DEVELOPING WRITING SKILL OF GRADE VIII STUDENTS AT MTS ALKHAIRAAT PUSAT PALU THROUGH COLLABORATIVE LEARNING | Gunaria | BAHASANTODEA

DEVELOPING WRITING SKILL OF GRADE VIII STUDENTS AT MTS ALKHAIRAAT PUSAT PALU THROUGH COLLABORATIVE LEARNING

Gunaria Gunaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas VIII pada MTs AlKhairaat Pusat Palu melalui pembelajaran kolaboratif. Ada tiga aspek-aspek  penilaian yaitu kosa kata, kesatuan makna dan koherensi paragraph. Aspek-aspek tersebut dievaluasi dalam menulis teks. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Kedua siklus tersebut terdiri atas tiga pertemuan yang di dalamnya pembelajaran kolaboratif diterapkan. Dalam setiap pertemuan, ada tiga tahapan proses belajar dan mengajar: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ada 27 siswa sebagai subyek studi ini. Peneliti dan teman kolaborasinya merancang instrument-instrument penelitian, yakni lembar observasi, lembar catatan dan kuesioner. Data menunjukkan bahwa siswa sangat bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Para siswa sangat serius dalam mengerjakan semua tugas. Untuk mengukur apakah keterampilan menulis siswa sudah meningkat, tes individu dilaksanakan setelah setiap siklus. Hasil tes individu pada siklus 1 menunjukkan bahwa hanya 9 siswa (33.3%) yang mencapai kriteria ketuntasan. Itu berarti bahwa 18 siswa (66.7%) tidak mencapai kriteria sukses. Itu menunjukkan bahwa hasil siklus 1 belum berhasil. Hasil tes individu pada siklus 2 lebih meningkat daripada siklus 1. Hanya 2 siswa (7.4%) yang memiliki nilai rendah dalam menulis teks narratif. Itu berarti bahwa 25 siswa (92.6%) telah memenuhi kriteria ketuntasan. Itu menunjukkan bahwa siswa dapat menghasilkan sebuah teks narratif dengan menggunakan teknik pembelajaran kolaboratif. Mereka dapat memperkaya kosa kata. Mereka juga dapat menyusun ide ke dalam bentuk paragraph naratif. Mereka dapat menulis dan menyambungkan kalimat-kalimat dengan menggunakan kata-kata transisi. Ini membuktikan bahwa pendekatan ini efektif dalam pengajaran keterampilan penulisan.

Istilah Kunci: Mengembangkan, Keterampilan Menulis, dan pembelajaran kolaboratif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar